Kamis, 04 Agustus 2016

4 Agustus Dalam Sejarah

"4 August 1965 Hari Konstistusi Kepulauan Cook (Cook Islands)."


Kepulauan Cook atau sering disebut Cook Islands adalah negara Parlementer Demokrasi. Sejak Tanggal 4 August 1965 Dalam Asosiasi bebas dengan Selandia Baru. Kepulauan ini terletak 1200 KM yang terjepit di sebelah baratnya dari kepulauan Tahiti (French Polynesia), dan di sebelah timurnya Kepulauan Tonga. Kepulauan Cook ini ditemukan oleh Captain James dari Inggris.


Luas wilayah kepulauan tersebut sekitar 240 km2. Jumlah penduduk berkisar 20.130 jiwa dengan ibukotanya yaitu Avarua yang terletak di pulau Rarotonga. Penghasilan utama penduduknya yaitu dibidang Pariwisata, selain itu juga sebagiannya kerajinan tangan sejenis ukir-ukiran dan olahan tenun khusus Polinesia.

Perairan Raratonga sangat kaya sekali dengan koral dan lagunanya yang sangat indah, begitu pula dengan Aitutaki Island, sekitar 240 km di sebelah utara Rarotonga. Luas teritorial samuderanya mencapai 1,8 juta km2.
Seperti New Zealand, Cook Islands ini terbagi beberapa bagian. Bagian utara yang terdiri dari Manihiki, Nassau, Penrhyn, Pukapuka, Rakahanga dan Suwarrow, dan bagian selatan yang terdiri dari pulau-pulau Aitutaki, Atiu, Mangaia, Mauke, Mitiaro Island, Palmerstoneisland Island, Rarotonga, yang merupakan salah satu dari pulau-pulau yang terindah didaerah Samudera Pacific, serta 2 (dua) pulau lain yang tidak berpenghuni yaitu Takutea Island serta Manua Island.

Bahasa resmi di Kepulauan Cook ini adalah Bahasa Inggris dengan Mata Uangnya yaitu New Zealand $ dan dipimpin oleh Kepala Negara Ratu Elizabeth II dari InggrisLetak Cook Islands didaerah beriklim tropis dan merupakan bagian dari gugusan Polynesia yang terdiri dari pulau-pulau lainnya. Hanya Rarotonga yang terletak didataran tinggi dan mempunyai puncak tertinggi sekitar 650 meter, di atas permukaan laut.

Kepulauan Cook tidak menjadi anggota PBB secara penuh walaupun menjadi anggota WHO and UNESCO, disamping menjadi anggota dari UNESCAP (the Economic and Social Commission for Asia and the Pacific).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar