Kamis, 25 Agustus 2016

Cara Yang Mudah Untuk Berhenti Merokok


Guys... Berapa kali udah kalian berjanji pada diri kalian sendiri bahwa kalian tuh akan berhenti merokok mulai besok?
Nah... Jika kalian masih membaca artikel ini, kemungkinan besar tuh yaa kalian masih menimbang-nimbang tuh untuk berhenti merokok. Biasanya nih yaa kita tuh membuat janji untuk berhenti merokok ketika kita tuh mulai kehabisan napas misalnya saat berjalan menaiki tangga,  trus setiap kali tenggorokan kita sakit, dan setiap kali kita membandingkan kondisi fisik kita tuh dengan non-perokok kemudian kita baru menyadari bahwa kita tidak memadai seperti mereka.
Untuk memperjelaskannya, dan untuk menghindari kesalahpahaman tuh yaaa, berhenti merokok adalah sebuah pilihan pribadi lho guys... Tidak ada yang bisa meyakinkan seseorang lho guys untuk berhenti merokok lebih baik dibanding dirinya sendiri. Artikel yang awak buat ini bukan untuk membuat kampanye anti-merokok yaa guys, tidak ada keperluan untuk itu dan pun semua orang di seluruh dunia [asti tahu lah yaa efek berbahaya dari merokok. Artikel yang awak buat ini ditujukan untuk memberikan beberapa tips yang berguna dan mudah diikuti, mungkin dapat membantu seseorang tuk memutuskan berhenti merokok dan juga tahu bagaimana untuk mencapainya.
Kalian pasti sudah tahu yaa kan kalo merokok adalah candu. Para ahli setuju kalo keputusan untuk berhenti merokok diambil saat perokok tuh benar-benar merasakan keinginannya untuk perubahan. Ketika perokok merasa terancam oleh kebiasaan merokoknya tuh, bagi dirinya dan orang lain di sekitarnya dan juga ketika dia percaya kalo menjauh dari nikotin akan membawa manfaat yang signifikan baginya yaa kan, dan juga ketika dia merasa mampu mengatasi perubahannya. Sederhananya ya guys, itu adalah keputusan yang ada di pikiran kita dan harus ada yang terlaksana. Pada dasarnya setiap upaya dipengaruhi oleh cara dan larangan-larangan tertentu, serta jika tidak berasal dari keinginan dari kita sendiri pasti akan gagal.
Jadi jika kalian telah mengambil keputusan, artikel awak berikut ini akan memandu kalian tentang cara-cara untuk berhenti merokok. Jika kalian tidak merasa yakin tuh yaa kalo kalian ingin berhenti merokok, kalian selalu dapat menyimpan artikel ini kok untuk digunakan suatu saat nanti yaa guys.


20 Tips Untuk Cara Mudah Berhenti Merokok

1. Publikasikan keputusan kalian untuk berhenti merokok.

Guys biarkan teman-teman dan keluarga kalian tuh tahu kalo keputusan kalian untuk berhenti merokok. Dapatkan dukungan dari orang terdekat kalian untuk selalu mengingatkan kalian tentang target kalian berhenti merokok dan juga manfaat kesehatan setiap kali kalian merasakan keinginan yang kuat untuk merokok. Juga, yang sangat penting nih yaa, mintalah teman dan keluarga kalian untuk tidak merokok di depan kalian atau pun tidak meninggalkan rokok di sekitar kalian.

2. Targetkan waktu.

Tetapkan target waktu kalian selama 2 atau 3 minggu dimulai saat kalian mengambil keputusan untuk berhenti merokok. Pastikan juga kalo periode ini tuh tidak bertepatan dengan kondisi stres yang mungkin akan kalian alami agar usaha kalian tuk berhenti merokok lebih mudah untuk dijalani guys. Cobalah secara bertahap mengurangi jumlah rokok yang kalian hisap dalam beberapa minggu mendatang dan sampai pada akhirnya kalian berhenti untuk sama sekali tidak merokok pada target waktu yang sudah kalian tetapkan.

3. Buat jadwal.

Atur jadwal tertentu. Maksudnya... Yang tidak terlalu ketat ataupun terlalu pendek durasinya guys, untuk mentoleransi kemungkinan terjadinya pelanggaran-pelanggaran, dimana kalian memiliki keinginan yang kuat untuk merokok dan jangan kecewa kalo kalian tidak berhasil melakukannya dalam tiga hari pertama. Teruslah berusaha guys... Sedikit lho orang yang berhasil pada percobaan pertama mereka guys. Keep Spirit !!!

4. Mulailah dengan cara yang mudah.

Rekamlah dalam kondisi apa kalian lebih sering tuk merokok. Misalnya: Saat Kalian kebosanan, atau kesepian, sedang menonton televisi, atau sedang bermain kartu, atau juga sedang ngopi dll. Beri nilai 0 (nol) sampai dengan 5 (lima) dengan kriteria 0 (nol) nya adalah “seperti kereta api” misalnya dan 5 (lima) adalah “hanya jika kepengen”.
Cari saat di mana kalian merokok tuh “seperti kereta api”, dan buatlah upaya untuk mulai berhenti merokok secara bertahap. Dengan cara ini kalian akan membuat awal yang baik lho dan juga meningkatkan kepercayaan diri kalian untuk melanjutkan pada tahap untuk berhenti merokok sepenuhnya guys.

5. Hindari kebiasaan yang membuat anda merokok.

Guys... Hindari alasan utama kalian yang menyebabkan keinginan kalian untuk merokok seperti sambil ngopi, atau acara malam, atau juga lagi berdebat dll. Jika kalian tidak bisa melawan godaan tuh yaa, cobalah untuk mengkonsumsi susu, buah-buahan dan sayur-sayuran lebih banyak, seperti yang telah ditunjukkan dalam survei tuh yaa bahwa makanan tersebut akan memberikan cita rasa yang kurang enak dalam merokok lho guys.
Juga nih yaa hindari kebiasaan yang selalu kalian kombinasikan dengan merokok seperti sambil menonton televisi, membaca atau surfing di internet seperti sekarang ini.

6. Carilah kesibukan.

Terutama nih yaaa di hari awal kalian mencoba, carilah kesibukan dengan hal-hal yang kalian sukai guys dan cobalah tuk tidak meninggalkan banyak waktu tuk menyendiri sehingga yah guys terpikir keinginan kalian merokok. Dan juga guys, cobalah tuk mengalihkan keinginan tersebut dalam kegiatan-kegiatan yang intens,misalnya nih yaa dengan melakukan beberapa kegiatan olahraga, jogging atau bersepeda.

7. Tidur lebih banyak.

Guys... Cobalah untuk tidur lebih banyak dari yang biasanya kalian lakukan tuh. Tubuh dan jiwa kalian tuh menjadi lebih lelah lho karena upaya untuk berhenti merokok kalian, sehingga membutuhkan istirahat yang lebih banyak. Disamping itu yaa guys, jam tidur itu adalah saat dimana kalian tidak berpikir untuk merokok.

8. Perbanyak minum air putih.

Cobalah untuk perbanyak minum air mineral guys. Air itu membantu dalam menghilangkan racun dari merokok kalian yang telah terakumulasi dalam tubuh kalian lebih cepat, sekaligus nih ya guys mengurangi keinginan kalian untuk merokok.

9. Kunjungi tempat tanpa asap rokok.

Cobalah untuk menghabiskan waktu berjam-jam sehari kalian tuh di tempat dimana merokok tidak diperbolehkan, seperti perpustakaan atau toko buku misalnya. Jika kalian mengambil istirahat untuk duduk minum kopi bersama teman-teman yaa guys, pilihlah tempat yang tertera non-smoking area.

10. Buatlah tangan kalian sibuk.

Telah terbukti yaa guys bahwa salah satu alasan orang-orang tetap merokok itu adalah karena kebiasaan merokok mereka tuh terhubungan dengan apa yang mereka lakukan dengan tangan mereka guys. Buatlah tangan kalian memegang apa aja tuh, kecuali rokok ya guys !!! seperti memegang pena, pensil, atau apapun itu yang dapat mengelabui diri kalian.

11. Hindari godaan merokok setelah makan atau minum.

Kebanyakan perokok tuh yaa cenderung untuk segera merokok setelah makan. Berdiri segera mungkin dari meja kalian setelah makan untuk sikat gigi atau cari akitivitas lainnya. Cobalah kalian tuh untuk tidak masuk ke dalam godaan tuk merokok.

12. Jangan sampai jatuh ke dalam perangkap satu batang rokok.

Guys... cobalah untuk menahan godaan untuk merokok walaupun hanya satu batang. Hal ini untuk memastikan kalo sekali kalian merokok satu batang aja maka kalian akan merusak usaha kalian tuh untuk berhenti merokok, karena rokok berikutnya akan segera mengikuti !!!! Biasanya sih gitu.
Jika kalian jatuh kedalam perangkap, jangan menghukum diri kalian terlalu keras ya guys. Cobalah untuk tidak membuat kesalahan yang sama lagi guys dan selalu ada dalam pikiran kalian bahwa ini hanyalah kesalahan langkah sementara dalam upaya kalian untuk berhenti merokok selamanya.

13. Coba gunakan pengganti rokok.

Jika kalian merasa bahwa kurangnya nikotin menciptakan gangguan pada diri kalian, atau jika dalam beberapa hari pertama kalian tidak berhasil tuk berhenti merokok, coba gunakanlah pengganti nikotin, seperti misalnya permen karet nikotin guys. Ini akan membantu kalian untuk menyingkirkan kebiasaan mencari-cari rokok dan pada akhirnya akan membantu kalian untuk berhenti merokok.


14. Cobalah untuk melakukan terapi akupunktur.


Akupunktur itu adalah metode alami tuk pengobatan ketergantungan nikotin, tanpa rasa sakit dan aman lho guys. Dengan satu sampai lima kunjungan kalian akan mengurangi intensitas gejala seperti tekanan psikologis, kecemasan pada diri kalian, ketegangan, depresi yang berkala hadir, dan perasaan kosong pada diri kalian yang disebabkan oleh penggunaan obat jangka panjang seperti nikotin itu guys. Survei juga telah menunjukkan bahwa akupunktur itu meningkatkan vitalitas dan kesuburan serta membantu sistem kerja otak untuk berpikir jernih.

15. Beri penghargaan untuk diri kalian sendiri atas upaya keras kalian.

Hadiahi diri kalian sendiri untuk setiap hari tanpa rokok. Sebuah ide yang baik ke arah ini yaa guys adalah dengan menggunakan uang tabungan karena tidak merokok kalian tuh untuk membeli sesuatu atau pergi berjalan-jalan.

16. Perhatikan diet kalian.

Pertimbangkan konsultasi kalian pada ahli gizi dan mengikuti program gizi untuk beberapa bulan pertama, mengingat mayoritas perokok mendapatkan tubuh mereka naik beberapa kilogram karena mereka cenderung makan atau ngemil lebih banyak dari sebelumnya sebagai tindakan pengganti untuk tidak merokok.

17. Berpikirlah tentang hal yang positif.

Jangan kalian berpikir berhenti merokok sebagai sebuah pengorbanan ya guys. Pikirlah bahwa kalian akan mendapatkan lebih banyak manfaat lagi dengan tidak merokok.

18. Terimalah kelemahan kalian.

Rekonsiliasi dengan kelemahan kalian, dan jangan mengucilkan diri kalian sendiri karena kalian merasa tergantung pada tembakau. Kenyataannya ya guys, memang jika merokok tuh tidak ada gunanya, maka tidak ada seorang pun yang akan merokok. Solusinya adalah dengan mampu secara bertahap-tahap menjejali otak kalian dengan efek-efek negatif dari kebiasaan merokok dan pada akhirnya mampu merubah persepsi kalian menjadi keuntungan karena berhenti merokok.

19. Merokok secara sadar.

Maksudnya itu ya guys, ketika kalian melakukan aktivitas dimana kalian selalu kombinasikan dengan merokok, katakan kalo “sekarang saya tidak akan merokok lagi”. Cara ini ya guys akan membantu kalian secara perlahan-lahan melepas rokok dari kegiatan-kegiatan yang bersamaan lainnya, seperti mengemudi, searching di internet atau sedang menelepon. Menyadari merokok dalam jangka panjang itu akan membantu mengatasi masalah “merokok tanpa sadar pada diri kalian”.

20. Berhentilah merokok – dimulai dari sekarang.

Kalian sudah membaca cara untuk berhenti merokok dan kalian juga memiliki kemauan untuk melakukannya yakan, mengapa tidak memulai usaha kalian dari sekarang guys. Tetapkan target tanggal kalian dan ikuti langkah-langkah di atas guys. Berhenti merokok iyu benar-benar bermanfaat untuk kalian dan kesehatan kalian lho guys.

Sekali lagi ya guys... ini adalah pilihan kalian !!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar