Senin, 08 Agustus 2016

9 Tips Hidup Mandiri Saat Di Kost-Kostan

Guys... Dinamika hidup sebagai anak kost tuh sangat menarik lho untuk ditelusuri dan didokumentasikan (Kali ini bahasa kita agak sedikit intelektual lah ya) :P


Banyak kali kisah yang bisa diceritakan, misalnya nih ya pengalaman mencari tempat kost yang paling penting, mendesain dan melengkapi isi kamar kost kita supaya berasa lebih nyaman lah, Kece lah atau Wow lah menurut kalian, trus beradaptasi menjadi anak kost yang jauh dari orang tua (Biar bisa hidup mandiri lah kalian wee ), lepas tu... Strategi-strategi bertahan sebagai anak kost sampe manfaat yang dirasakan tu layak dibilang sebagai anak kost.




Bermula dari pemikiran di atas yaa, Awak sebagai anak kost selama kurang lebih 7 (tujuh) tahun yang tinggal di 4 (empat) tempat yang berbeda; Tak usah lah yaa Awak sebutkan itu satu persatu itu tempatnya, karena jauh-jauh kali, gak sampe-sampe pula nanti kalian baca apa yang awak tulis ini hehehe

Awak ingin bagikan cerita dan kisah dari pengalaman pribadi nih sejak pertama kali nih yaa menjadi anak kost di pertengahan tahun 2007. Pengalaman-pengalaman yang awak tulis ini sekiranya bisa bermanfaat lah bagi kalian, terutama bagi kalian yang akan, ingin, atau sedang hidup sebagai anak kost yang jauh dari orang tua kalian.

Mari kita mulai sajalah yaa...


Persiapan mental - Persiapan mental jelang kalian nge-kost itu sangat penting wee, sebab kalian akan mengalami bagaimana rasanya tinggal jauh dari orang orang tua kalian. Ketika masih tinggal bersama orang tua kalian, biasanya segala sesuatu sudah disiapkan dan tersedia yakan, misalnya nih ya dalam hal makanan, minuman atau juga fasilitas-fasilitas rumah lainnya. Nah, pada hari pertama kalian nge-kost dan seterusnya tuh ya, segala sesuatu harus kalian dilakukan sendiri wee. Oleh sebab itu lah ya, sebelum nge-kost ada baiknya lah kalian sudah mulai melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah sendiri secara mandiri. Tak perlulah yakan awak kasih contohnya, kan harus mandiri kalian.



Memilih tempat kost - Lokasi tempat kost dan lingkungan yang kalian tuju tuh akan berbeda pada banyak hal. Oleh sebab itu guys, pikirkan baik-baiklah ketika memilih tempat kost kalian tuh. Jauh-jauh hari sebelumnya, sebaiknya kalian mintaklah rekomendasi dari teman atau kerabat kalian di kota yang kalian tuju. Kalau di luar negeri nih yaa, gabunglah kalian di milis atau grup-grup pelajar yang bisa memberikan banyak info tentang kost/tempat tinggal pada kalian wee. Jika memungkinkan nih yaa, lakukan kunjungan ke tempat kost yang direkomendasikan pada kalian untuk melihat situasi tempat kost, kamar yang hendak kalian tempati, pemilik, penghuni kost, lingkungan dan masyarakat-masyarakatnya, termasuk pula tuh fasilitas transportasi yang relatif dekat dengan sekolah, kampus atau kantor kalian dan juga warung atau toko-toko yang terdekat untuk kalian berbelanja kebutuhan sehari-hari.


Menata dan melengkapi kamar kost kalian - Di manapun kita berada, kenyamanan tempat tinggal itu penting genk. Oleh sebab itu genk, bagian menata dan juga melengkapi kamar kost kalian itu sangatlah penting agar bisa betahlah kalian nge-kost. Tapi genk ada tuh tempat kost-kostan yang kadang-kadang sudah dilengkapi dengan fasilitas dasar, misalnya nih yaa kasur dan meja belajar buat kalian tuh “Bah... Paten kali lah yakan” (Tapi itu dipinjemin lho genk... bukan pula dikasih Cuma-Cuma gitu); Nah ada pula tuh yang hanya kamarnya aja. Maka dari itu, jika kalian sudah menentukan pilihan tempat tuk ngekost, segeralah kalian catat barang-barang apa aja yang perlu  kalian miliki. Ada orang tua yang rela tuh mengantarkan pindahan barang-barang dari rumah kalian, namun ada pula tuh yang harus mencari sendiri barang-barang atau perlengkapan kamar lainnya. Untuk hal itu, perhatikanlah anggaran yang kalian miliki. Tak usahlah beli barang-barang baru, banyak kok kakak-kakak dan abang-abang angkatan atau tetangga kost kalian yang mau pindah jadi bisalah tu kalian dekati agar kalian bisa beli barang-barang peninggalan mereka (Second Hand jadilah wee) asal kualitasnya masih bagus tetapi harganya murah. Cocok tuh menurut kalian ???



Yang Selanjutnya ini ya Genk... Point-point paling serius nih. Pahami baik-baik lah yaa!


Belajar Berpikir dan Berprioritas tinggi – Karena untuk harus bisa mengatur segala sesuatunya yaa, nge-kost jadi tempat belajar berpikir dan mengatur hidup kalian tuh. Karena kalian tinggal jauh dari orang tua, kalian yang nge-kost tuh ya mau tidak mau harus berpikir bagaimana cara agar hidup kalian terus berjalan secara normal. Kalian perlu kali lah berpikir mengatur keuangan yang terbatas. Maka itu genk, kalian perlu buat sejenis skala prioritas berdasarkan tingkat kebutuhan dan kepentingan kalian, termasuk menyisihkan uang sebagai tabungan contohnya. Ketika kalian harus menyusun rencana seperti itu, maka secara tidak langsung yaa, kalian akan banyak belajar dan merasakan bagaimana tuh orang tua kalian mengelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga termasuk kebutuhan kalian. Dengan pelajaran tersebut ya genk, akan bermanfaat kali tuh tuk masa depan kalian ketika berkeluarga nanti.



Belajar mandiri - Selain dalam hal keuangan genk, nge-kost itu juga menjadi media belajar hidup mandiri lho. Jika sedari kecil kalian banyak tergantung dengan peran orang tua kalian, maka saat nge-kost segala sesuatu harus mulai kalian kerjakan sendiri tuh, misalnya memasak, mencuci baju, membersihkan kamar kalian, bangun pagi untuk ke sekolah/kuliah atau bekerja. Mungkin sekarang tuh banyak kali jasa-jasa yang dibuka untuk meringankan beban fisik para penghuni kost-kostan; misalnya nih ya laundry kiloanlah, katering lah, namun sekali lagi nih yaa pulang ke masing-masing individu diri kalian bagaimana skala prioritas mengatur finansial dan waktu kalian sehingga hidup kalian di kostan bisa berjalan dengan normal dan nyaman genk.


Konsekuen pada pilihan Guys - Pada titik tertentu nih ya, awak seringkali nih merasakan berat kali waak hidup jauh dari orang tua, apalagi tuh saat jatuh sakit. Segala sesuatu tuh yaa harus dirasakan, dipikirkan dan dikerjakan sendiri waak, tanpa ada keluarga. Baru bangun tidur aja udah pikir banyak hal, lain cerita ketika berada di rumah, segala sesuatu sudah tersedia yakan. Namun, awak banyak belajar supaya awak konsekuen dengan pilihan awak tuk hidup ngekost. Itu sudah menjadi pilihan awak, berarti awak harus menghadapi konsekuensi atas pilihan awak tersebut. Awak harus rela kehilangan kesempatan waktu mencicipi masakan Mamak, hilang kebersamaan dengan keluarga dan sebagainya lah (Awak curhat nih sama kalian). Namun nih ya, awak percaya kalilah kalo awak tuh akan mendapat banyak pelajaran hidup dari pilihan awak itu. Cemana dengan kalian ??? Masih semangat mau ngekost yakan !!!


Konsultasi dengan Orang Tua ini PENTING !!! – Meskipun yaa hidup di indekosan tuh ingin belajar hidup mandiri, namun ya genk bukan berarti kalian harus putus kontak dan tidak bergantung pada orang tua. Sebaiknya, secara rutin tetaplah kalian hubungi dan kirim pesan ke orang tua kalian. Bagaimanapun itu yaa, sebagai orang tua, pasti mereka tuh tetap memiliki rasa khawatir yang besar pada anak-anaknya meskipun mereka sudah dewasa. Dengan saling kirim pesan singkat, BBM’an, telepon’an dan dengan metode banyak lainnya, orang tua akan merasa tenang kali mendengar kabar dari anak-anaknya yang sedang berada di luar kota ataupun diluar negeri sekalipun. Selain itu, tidak ada salahnya juga yakan bertanya dan berkonsultasi sama orang tua kalian tentang segala sesuatunya yang kalian hadapi dan menjadi kendala kalian selama hidup dikost-kostan.


Bersosialisasi dengan Pemilik Rumah Kost-kostan, Penghuni Kostan dan Masyarakat Sekitar kalian - Agar tidak kesepian kalian tuh, upayakanlah bersosialisasi dan bergaul dengan teman-teman kost kalian yang lain, pemilik kost bahkan dengan warga sekitar tempat tinggal kalian. Buatlah sesekali acara bersama seperti pikniklah, belanja (Shoping-shoping bareng), masak-masak bersama untuk menciptakan rasa kebersamaan. Jika misalnya nih yaa pemilik kost menempati rumah yang sama, sering bantu-bantulah kalian kalau pemilik kost memerlukan bantuan. Siapa tahu yakan, akan seperti teman awak tuh yang jadi pacar anak perempuan pemilik kost dan menikmati fasilitas berbeda lho genk dengan penghuni kost yang lain Wuiihhh Paten gak tuh kalian rasa ??? Selain itu genk, penting jugalah kalian bergaul dengan lingkungan warga sekitar. Kalau menurut pepatah nih yaa “hidup bergaul dan bersosialisasi dengan tetangga dan warga sekitar akan menimbulkan rasa aman.” Kalau misalkan nih kita sering menolong orang lain, maka kita pasti akan ditolong juga manakala kita membutuhkan. Contoh kongkritnya nih yaa, ikut gotong royong warga. Selain akan lebih kalian merasakan hidup rukun dengan warga, juga akan ada kesempatan kalian mendapatkan konsumsi gratis. Cocok tuhkan !!! Yang terpenting itu bisa mengatur waktu kalian wee.


Kontak atau nomor-nomor Telepon Penting – Karena kalian jauh dari keluarga, berikanlah kontak penting keluarga kalian dan orang yang dipercaya di tempat indekosan kalian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan atau berita-berita penting lain sebagainya. Hal ini juga diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan atau penipuan-penipuan yang seringkali menyasar orang-orang nge-kost seperti kalian dengan menipu bahwa keluarga kalian mengalami kecelakaanlah, membutuhkan uanglah dan lain sebagainya. Bermacam-macam tuh modusnya !!! Selain itu juga, jika kalian bepergian ke tempat lain, beritahulah keluarga dan orang-orang terdekat kalian, misalnya kota yang hendak kalian tuju dan dengan siapa saja, supaya jika ada sesuatu dengan kalian segala sesuatu hal bisa dapat ditelusuri. 



Nah... Itulah tips dan pelajaran nge-kost dari awak Genk. Oya jangan lupa pula tuh kalian lapor RT/RW di lokasi kost-kostan kalian, supaya tidak ada masalah yang terjadi dan aman dalam hal-hal administrasi misalnya. Yang penting juga kalian harus tetap waspada wee, terutama dengan keamanan barang-barang di kamar kalian tuh. Waspadailah setiap orang yang keluar masuk ke lingkungan kost kalian dan jangan pernah lupa pula kalian mengunci pintu kamar kalian.




Kalau kalian sudah selesai nge-kost tuh yaa pasti kalian akan merasa kangen dengan pengalaman-pengalaman yang sudah terlewati semasa kalian disana. Meskipun yang kalian jalani terasa berat, namun genk dalam beberapa waktu kemudian, semuanya terlihat normal dan lancar-lancar saja kok, bahkan kangen kalilah kalian tu. Semoga bermanfaat ya wee. Sekian  !!!

2 komentar:



  1. Ayo Gabung bersama kami di DOMINO206(.)net
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Kami hadirkan permainan Terbaik dari DOMINO206 permainan
    dalam website
    Pusat Game Domino ONline Terpercaya Se-Asia
    Hanya cukup menggunakan 1ID saja anda sudah bisa menikmati 8 game Populer
    Tunggu apa lagi silahkan Registrasi diri anda bersama kami.
    Dan nikmati kembali BONUS REFFERAL terbesar 15% untuk anda.
    Untuk lebih informasi lebih lanjut kalian bisa langsung berdikskusi
    langsung dengan CS handal.
    MInimal Deposit 20rb
    Minimal Witdraw 20rb

    BBM : 2BE3D683 / E3EE3B63
    WA : (+85587480626)
    LINE : DOMINO206
    IG : domino_206


    Link Alternatif
    - domino206.net
    - dominopelangi.net
    - pelangidomino.com

    Bank: BNI, BCA, BRI, MANDIRI dan DANAMON
    Pusat Game:Bandar66|BandarQ|AduQ|Bandarpoker|CapsaSusun|
    Domino99|Poker|Bandarsakong|

    $$$$ DOMINO206.NET $$$$
    #Poker
    #AduQ
    #BandarPoker
    #BandarQ
    #CapsaSusun
    #Domino99
    #Sakong
    #Bandar66
    #DPMinim
    #WDBesar

    BalasHapus
  2. 88CSN Menyedikan Permaianan Online
    - Sportbook
    - Live Casino
    - Slot Game
    - Poker
    - Tembak Ikan
    * Bonus 180% NEW MEMBER
    * Bonus New Member 30%
    * Bonus Happy Hour 25%
    * Bonus 20% Poker
    *Bonus Setiap Hari 5%
    Segera Bergabung Dengan Kami :
    Contact :
    WA : 081358840484
    BBM : 88CSNMANTAP
    Facebook : 88CSN

    BalasHapus